III

Catur dibawah Laut | bandatourism

19.50
0 komentar


Hajatan nasional kebaharian kembali akan dihelat tahun ini. Berbeda dengan Sail Bunaken 2009 dan Sail Banda 2011, sesuai namanya, Sail Wakatobi-Belitong (SWB) 2011 akan digelar di dua lokasi yakni, Wakatobi, Sulawesi Tenggara, dan Pulau Belitong, Bangka Belitung.


Selain kegiatan utama, SWB 2011 juga akan mengadakan kegiatan pendukung, seperti pemecahan rekor dunia penyelaman dalam kategori catur bawah laut.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad menyatakan, melalui kegiatan bahari bertaraf internasional ini akan berdampak baik bagi pembangunan ekonomi nasional
khususnya perekonomian kawasan setempat.

"Penyelenggaraan even kebaharian nasional tahun ini akan mengambil tema Clean the Ocean for Future Live yang ditujukan untuk menyikapi terjadinya perubahan iklim yang disebabkan meningkatnya suhu permukaan air laut akibat kegiatan pengelolaan kelautan yang tidak memenuhi standar pengelolaan lingkungan," kata Fadel dalam rilis
yang diterima detikcom, Kamis (20/1/2011).


Direktur Jenderal Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan yang juga Sekretaris Panitia Nasional SWB 2011, Syahrin Abdurrahman, menyatakan, ada 6 kegiatan utama yang terdapat kegiatan SWB 2011.

Selain yacht rally dan kegaiatan sosial dalam Operasi Bhakti Surya Bhaskara Jaya, kegiatan lainnya adalah seminal nasional dan internasional mengenai pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan, lintas nusantara remaja bahari, ekspo produk kelautan dan perikanan, serta puncak acara yang akan dihadiri oleh Presiden RI.

"SWB 2011 akan dilaksanakan selama 6 minggu dimulai pada minggu kedua bulan juli hingga minggu keempat bulan Agustus," kata Syahrin.

Lebih lanjut, Syahrin menjelaskan, kegiatan yacht rally akan dimulai pada 23 Juli di Darwin Australia, melewati 21 kabupaten/kota di Indonesia sebelum berakhir di Singapura. Sedangkan kegiatan Operasi Bahkti Surya Baskara jaya akan digelar di 6 provinsi yakni Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Gorontalo,Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Selatan.

Dia melanjutkan, selain kegiatan utama, juga terdapat kegiatan pendukung lain yang akan dilaksanakan di dua lokasi yakni di Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara serta di Pulau Belitong Provinsi Bangka Belitung.

"Setelah memecahkan 2 rekor dunia penyelaman dalam pelaksanaan kegiatan Sail Bunaken 2009, diharapkan pemecahan rekor dunia penyelaman juga dapat dilakukan dalam SWB 2011 yaitu pemecahan rekor dunia dalam kategori catur bawah laut," kata dia.

Seperti diketahui, pada pelaksanaan Sail Bunaken 2009, Indonesia berhasil memecahkan 2 rekor dunia hanya dalam waktu 2 hari. Selain rekor dunia dalam kategori penyelaman terbanyak, rekor lain yang dipecahkan adalah dalam kategori pelaksanaan upacara bendera bawah laut dengan jumlah peserta sebanyak 2.465 penyelam.

by  sailwakatobi-belitong2011.com

If You Enjoyed This Post Please Take a Second To Share It.

You Might Also Like

Stay Connected With Free Updates

Subscribe via Email

0 komentar: