III

Gasing Pedekok Kalahkan Game Online | bandatoursim

21.41
0 komentar



Pedekok | Lintas Gayo : Era digital berupa tontonan televisi, games online, dan sejumlah hiburan anak-anak lainnya yang begitu berkembang pesat saat ini ternyata tidak begitu berpengaruh kepada anak-anak Kampung Pedekok Kecamatan pegasing Kabupaten Aceh Tengah.
 
Setelah pulang sekolah bila tidak diajak orangtuanya ke kebun kopi atau selepas musim tanam padi disawah anak-anak kampung yang berjarak sekitar 12 kilometer dari kota Takengon ini sudah terbiasa menciptakan permainan sendiri yang memanfaatkan alam sekitarnya. membuat sangkar jebakan burung (Gayo : penjara tama), mobil-mobilan (Gayo : gegiriten) dari bambu, sange dan sendal jepit bekas atau membuat gasing berbahan kayu yang ambil dari hutan disekitar kampung tersebut.
Seperti pada Selasa (13/9) sejumlah anak-anak membuat dan bermain gasing yang berhasil diabadikan Heri Miko, salah seorang wartawan foto situs berita Lintas Gayo. Beberapa anak-anak selepas pulang sekolah bermain dan membuat sendiri alat permainan Gasing dan memainkan dengan mahir.

Gasing merupakan permainan tradisional yang terbuat dari bahan kayu. Aktivitas atau pemandangan seperti ini sangat jarang kita temui dikawasan perkotaan yang anak-anak warganya sudah kecanduan dengan permainan game online.

Memainkan gasing cukup sederhan, asiapa yang menang ia duluan ”melepih” (memukul Gasing lawan). Gasing siapa yang pecah atau hancur maka ia dinyatakan kalah.

Selain kemahiran “melepih”, bahan kayu yang digunakan serta ukuran Gasing menentukan menang atau kalah dalam permainan ini.

Tak salah, walau nama kawasan ini dengan sejumlah perkampungan lazim di sebut “Toa” oleh umumnya warga dataran tinggi Gayo Aceh Tengah dan Bener Meriah juga disebutkan dengan kawasan atau Kecamatan Pegasing dengan penduduk hampir 15 ribu jiwa dengan penghasilan utama kopi dan padi. (Miko)

by lovegayo.com

If You Enjoyed This Post Please Take a Second To Share It.

You Might Also Like

Stay Connected With Free Updates

Subscribe via Email

0 komentar: