III

Agar Kantong Tak Bolong Saat Liburan | bandatourism

17.52
0 komentar


Liburan sudah menjadi jadwal tahunan keluarga anda. Namun seringkali, pulang liburan justru bikin kening berkerut lantaran dana kian tergerus dari kocek anda. Meski sudah direncanakan, tetap saja membludak.

Artinya, ada yang salah saat anda merancang liburan. Padahal, dari sekian elemen perjalanan, ada beberapa hal yang bisa diusahakan agar pengeluaran tak belebihan. Berikut cara yang bisa dipakai agar kantong anda tak bolong saat melancong.

* Tiket penerbangan dan hotel

Dua elemen ini paling penting dalam perjalanan dan seharusnya dipesan jauh-jauh hari.Lakukan perencanaan liburan secara tahunan. Tak hanya secara rinci dan matang, tapi juga bisa membuat anda berhemat banyak.

Pemesanan tiket selama enam bulan sebelumnya membuat anda mendapat harga murah. PEsanlah ketika perusahaan penerbangan sedang mengelar promo. Anda bahkan bisa mendapatkan harga seperempat hingga sepertiga harga normal. Pesan pula hotel, jauh-jauh hari. Selain sering mendapat harga murah, anda juga lebih leluasa memilih hotel yang paling strategis.

* Mobil Sewaan atau Kendaraan Umum

Setelah tiket pesawat dan hotel, saatnya mengatur perjalanan. Kota mana saja yang hendak disinggahi, berapa kota bakal menentukan jumlah besaran dana karena menyangkut kendaraan yang akan dipilih. Jika hanya dalam kota dan kondisi wilayahnya mudah dijangkau, pakailah kendaraan umum. Apalagi jika ternyata hanya berdua. Tapi sewalah mobil jika harus pergi bersama keluarga, atau kudu mengeksplor banyak lokasi habis-habisan.

* Atraksi

Sejumlah kota memiliki atraksi yang menarik tanpa dipungut biaya. Coba cari informasi lewat internet sebelum berangkat sehingga anda banyak mendapat pengalaman menarik tanpa biaya tinggi.  Biasanya atraksi special digela pada waktu tertentu. Dapatkan jadwal tahunannya, demikian juga bagi yang gemar berwisata belanja, cari waktu jadwal megasale di kota yang dikunjungi.

* Hemat  saat bersantap

Banyak sajian wah yang mengoda sepanjang kota yang disinggahi. Anda bisa mencicipinya dengan melihat harga hemat. Jangan pilih kafe dan restoran dekat tempat wisata atau atraksi karena biasanya harga disana lebih tinggi. Pilih tempat dimana warga kota biasa mencicipinya karena harganya biasanya normal dan bukan harga turis. Atau usahakan berangkat dengan kondisi perut terisi penuh.

* Trik belanja

Jika memang bisa ditawar, mulailah menawar. Siapa tahu anda berhasil mendapat harga termurah. Jangan malu karena malu bisa bikin kantong bolong. Tentu saja, tetap dilihat kondisinya. Bila barang tidak mencantumkan harga pasti, tawarlah. Gunakan kartu kredit jika memang ada keuntungannya, misalnya penurunan harga. 

by RITA | TRAVELOUNGE TEMPO

Feedback

Reaksi:

If You Enjoyed This Post Please Take a Second To Share It.

You Might Also Like

Stay Connected With Free Updates

Subscribe via Email

0 komentar: